Mengenal Motor Servo - jufrika com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Motor Servo


Hai sobat jufrikablog kali ini jufrikablog akan menjelaskan detail penting tentang motor servo, Apa itu motor servo? Bagaimana Prinsip kerjanya? Apa saja jenis jenisnya? Bagaimana Konfigurasi nya? Bagaimana penggunaannya? Mari Dibaca :)

Pegertian Motor Servo
Motor servo adalah sebuah motor DC yang dilengkapi rangkaian kendali dengan sistem closed feedback yang terintegrasi dalam motor tersebut. Pada motor servo posisi putaran sumbu (axis) dari motor akan diinformasikan kembali ke rangkaian kontrol yang ada di dalam motor servo.

Prinsip Kerja Motor Servo 
Motor servo disusun dari sebuah motor DC, gearbox, variabel resistor (VR) atau potensiometer dan rangkaian kontrol. Potensiometer berfungsi untuk menentukan batas maksimum putaran sumbu (axis) motor servo. Sedangkan sudut dari sumbu motor servo diatur berdasarkan lebar pulsa yang pada pin kontrol motor servo.

Motor servo mampu bekerja dua arah (CW dan CCW) dimana arah dan sudut pergerakan rotornya dapat dikendalikan dengan memberikan variasi lebar pulsa (duty cycle) sinyal PWM pada bagian pin kontrolnya.

Jenis Jenis Motor Servo
  1.  Motor servo standar 180° Motor servo jenis ini hanya mampu bergerak dua arah (CW dan CCW) dengan defleksi masing-masing sudut mencapai 90° sehingga total defleksi sudut dari kanan – tengah – kiri adalah 180°.
  2. Motor servo continuous Motor servo jenis ini mampu bergerak dua arah (CW dan CCW) tanpa batasan defleksi sudut putar (dapat berputar secara kontinyu).

Konfigurasi  Motor Servo
Konfigurasi Pin Motor Servo Secara Umum


 Aplikasi Penggunaan Motor Servo
 Penggunaan Motor Servo banyak digunakan dikalangan smart home, robotika, industri yang menggunakan microcontroller(ex : arduino, AVR, rasberry dll)



Sekian dulu sobat jufrikablog semoga artikel ini bermanfaat bagi nusa dan bangsa :)

Sumber : dari berbagai sumber terpercaya.
close